Tuesday, May 17, 2011

salam rindu untuk saudaraku di Rote


Surat Cinta untuk Saudaraku di Batutua

Selamat pagi oma-opa, adik-adik, para mama, saudara-saudaraku yang telah menjadi keluarga selama aku menjejakkan kaki untuk pertama kali di tanah perbatasan
Bagaimana kabar kalian di sana?
Masih tinggikah semangat kalian saat menyambut pagi hari?
Aku ingat ketika pagi hari di pasar yang ramai, aku melihat  seolah para wanita berlomba menyiapkan sarapan sehat untuk keluarga
Kulihat semangat itu lewat kata-kata, tawar-menawar harga demi mendapatkan bahan pangan berkualitas terbaik, karena pasar itu tidak setiap hari ada
Saat itu Masih pagi, keadaan masih gelap, aku bertemu adik-adik berusia 9-15 tahun berkeliling menjajakan kue-kue, ada pula yang menawarkan ikan hasil tangkapan semalam
tak ketinggalan beberapa ibu penjual sayur-sayuran (aku hafal jenis sayurnya yang homogen yaitu sawi hijau, kangkung dan bayam), aku tetap tidak pernah bosan membelinya, sebab aku tahu itu hasil panen kebun sendiri, masih segar..dan dengan baik hatinya ibu itu memberikan jumlah lebih
Saat kami sedang menyiapkan sarapan sendiri, adik-adik berseragam melewati depan aula siap berangkat ke sekolah
Kalian begitu bersemangat, kalian menyapa kami "Selamat Pagii..!!!",,, menebarkan salam, menularkan energi positif bagi orang lain.. suatu hal yang jarang kami temukan di rumah
Sungguh rindu hati ini merasakan suasana pagi di sana, mendengar sapaan khas kalian, berjalan mengelilingi desa, menikmati hembusan angin pantai Batutua di pagi hari yang menenangkan hati, merasakan kembali keramahan yang kalian tebarkan
xxx
Selamat siang oma-opa, adik-adik, para mama, saudara-saudaraku yang telah menjadi keluarga selama aku menjejakkan kaki untuk pertama kali di tanah perbatasan
Siang di pulau terselatan di Indonesia, panas terik, sinar matahari menyengat, tapi hembusan anginnya menyejukkan..
Sejak pagi kalian telah bekerja di kebun, siang hari kalian istirahat sejenak untuk memulihkan tenaga dengan minum gula air, menyegarkan rasanya
Adik-adik pulang sekolah kembali melewati depan aula kami dengan sapaan khas kalian,, "Selamat siaaang kakak...!!", lalu kalian sangat bersemangat mengajak kami mengunjungi rumah baca, melakukan berbagai aktivitas di sana
Terkadang teriakan kalian membuatku kesal, siang yang benar-benar panas ditambah keriuhan kalian di balai desa dan rumah baca, bertengkar hingga menangis, sulitnya mengatur kalian membuat emosiku tinggi. Tapi ketika kalian saling meminta dan memberi maaf terlihat manis,,kini aku benar-benar rindu kalian. Aku ingat, kalian seringkali membawakan panganan khas Rote, hampir tiap hari, dan aku paling suka kue bagia yang terbuat dari sagu,,benar-benar lezat, rasanya masih teringat sampai saat ini.
xxx
Selamat sore oma-opa, adik-adik, para mama, saudara-saudaraku yang telah menjadi keluarga selama aku menjejakkan kaki untuk pertama kali di tanah perbatasan
Selamat sore kakaaak.....
Salam itu selalu kalian sampaikan setiap saat sore menjelang senja,,kalian menunjukkan indahnya sore di tepi pantai Batutua, yaah,,memang sangat indah,,keceriaan yang kaliann berikan, cerita-cerita tentang Pulau Ndana, legenda batu menangis..lalu kami menceritakan gambaran kota kelahiran kami masing-masing,,kami ceritakan tentang Jakarta, monas, dufan, aku melihat mata kalian berbinar, mungkin membayangkan tempat-tempat yang kami ceritakan..semoga saja kapan-kapan kami dapat mengajak kalian melihat ibukota negara Indonesia agar tambah kecintaan kalian terhadap negeri ini, karena kehidupan kalian telah menambah pengetahuan&pengalaman kami tentang perbatasan Indonesia
Menjelang senja...sambil menikmati sunset di pantai Batutua,,kalian mengajarkan kami sebuah lagu
Mai Falie-Mai Falie
Mama Hala ita Falie
Mai Falie...Mai Falie
Mama Hala ita Falie
Ledoa tenaso, bulaka moliso
Mama Hala ita Falie
Mai Falie..Mai Falie
Mama Hala ita Falie....
Sungguh,,aku benar-benar terharu mendengar lagu ini,,padahal saat itu kalian belum menjelaskan artinya.
Masih banyak hal yang ingin kutuliskan di surat ini tentang kalian, Rote.,tapi yang paling penting adalah kerinduanku untuk kembali ke sana ^_^
Semoga aku memiliki kesempatan untuk kembali lagi kesana..#MemoriRote

No comments:

Post a Comment