Thursday, January 26, 2017

Bingkai kenangan

Ada-ada aja ulah bocah cool di rumah gw, Didit panggilannya, adek cowo  manis satu-satunya di keluarga. Jadi, semenjak dia pindah dari SDIT ke SD negeri yg notabenenya banyak perbedaan jam, cara dan metode belajar, tingkah alias kebiasaannya pun banyak yang berubah. Seperti jam belajarnya yang hanya berkisar 2-3 jam. Seminggu masuk dari jam 7- 9.30 dan seminggu berikutnya masuk jam 9.30-12.00. Didit terdaftar sebagai siswa kelas 2 di SD Negeri Doyong 1 kelurahan Gembor Kecamata Periuk Kota Tangerang. Dulu tahun 2001, gw juga terdaftar sebagai alumni berprestasi di SD itu,, haha,, pede banget, sebenernya bukan karena NEM gw tinggi, tapi itu karna gw terlempar masuk SMP NEGERI 1 TANGERANG yang katanya itu SMP terfavorit di kota industri ini, tsaah, dan gw adalah alumni pertama yang bisa masuk ke sana dari SD itu, hadeh, padahal mah itu karna gw pingin sekolah yang agak jauhan dikit di tengah kota, biar sepatu gw ngga becek belepotan tanah merah kayak di kampung dulu, yaah alasan anak-anak memang sesederhana itu.

Well, sekarang sih tuh SD bangunannya udah bagusan dikit semenjak zamannya pak walikota Wahidin Halim, fasilitas penunjang juga udah dilengkapin, dan manusiawi lah sebagai tempat menuntut ilmu, karna satu kelas hanya terdiri dari 29 siswa maksimal.

Entah kenapa memasuki sekolah adek gw. Gw seperti kembali ke 20tahun yang lalu (astagfirulloh, udah tua bangeett)
Tentang hal hal yg seneng sedih, seru ngga seru.
Kenangan yang paling menyedihkan yg gw inget adalah ketika gw terpilih menjadi wakil sekolah untuk cerdas cermat se kecamatan dalam pelajaran bahasa Indonesia. Gw minta sama guru gw untuk privat sampe sore selama 1 bulan full, belajar mengarang, menulis, bedah puisi, hafalin semua peribahasa yg ada.
Tibalah hari lombanya, dan gw udah cemas bukan main, tapi secara materi gw udah siap banget, gw udah minta doa restu emak dari habis subuh. Pokoknya hari itu gw menjelma jadi anak esde kelas 6 sholihah yang berharap hanya pada doa orang tua
Begitu sampai di kecamatan, gw makin deg degan, tapi gw seneng karna guru gw bangga banget deh ngenalin kontingennya ke tim juri, apalagi ngenalin gw, sampe rambut gw dielus elus "Kalau yang ini pak namanya Eka, dia murid yang rajin, ikut pelajaran bahasa Indonesia yah pak" kata guru gw
Ternyata itu cuma perkenalan aja guys, entah dengan alasan apa, materi bahasa Indonesia batal dilombakan. Dan guru gw ngasih uang lima ribu perak (nilai uang itu gedhe banget buat jaman itu) ke gw katanya buat jajan. Sementara gw duduk termenung sambil ngaduk ngaduk bubur ayam di kantin kantor kecamatan itu. Rasanya mau nangis, tapi kata emak, apapun hasil yg gw dapet hari itu, harus diterima dengan lapang dada.
Maak... Ini gw perang aja belum, masa udah kalah, hasil lomba apaan, lha wong materi bahasa indonesia secara mendadak dihapus kok,,
Zoonnkk... Hehe


Cheers_eka

No comments:

Post a Comment