Monday, April 2, 2012

Edisi Mengenal Karakter Diri;
Teman selamanya..

"Kamu itu,,,orangnya suka kepikiran masa lalu ya,,sering berpikir kesalahan yang udah lewat kamu bawa terus sampai itu bisa jadi bumerang buat kamu sendiri, menghambat kamu dalam berkarya." teman saya calon psikolog menganalisis hasil gambar saya di sebuah kertas.

Ceritanya siang itu, hari terakhir praktek manajemen keperawatan di ruang Yudhistira, RSMM. Sudah 3 minggu berada di sana, kenal dengan 2 orang mahasiswa profesi psikologi YAI. Panggil saja si D dan G.
Iseng saya minta ikut tes kepribadian melalui gambar tangan.

Hasilnya mengejutkan, memang gak semua yang dibilang D benar, tapi ada yang hampir cocok dan baru sekarang saya sadar. Bagus untuk pembelajaran diri saya. Salah satu yang dikatakan D adalah saya orang yang selalu berkaca ke masa lalu, melihat masa lalu yang kurang menyenangkan dengan penyesalan, tetapi bukan untuk terus menerus disesali, melainkan untuk dijadikan bahan pembelajaran agar di masa depan tidak terulang lagi.

Analisis D sangat menarik, saya mulai merenung, kira-kira hal apakah di masa lalu yang mempengaruhi kehidupan saya, karakter pribadi saya. Saya baru menemui 3 hal di masa lalu, yang bikin saya agak hati-hati dalam mengambil keputusan.

Hari ini saya akan cerita kejadian yang pertama. Peristiwa ini secara tidak langsung membuat saya menjadi seorang yang superfisial ketika berteman. Lain kali saya akan buat tulisan tentang apa yang dimaksud berteman superfisial. Ceritanya Pada waktu itu kelas tiga SMP, umur saya kira-kira 14/15 tahun.
Saya punya teman akrab, memang baru akrab pas SMP kelas 2, tapi sebenarnya saya sudah kenal dengan dia sejak SD. Saya merasa sangat dekat dengan dia, entah apakah dia juga menganggap saya sebagai teman dekatnya atau bukan. Yang pasti, saya memang baru ingat saya jarang memberikan sesuatu sebagai ungkapan sayang saya ke dia, minimal kata-kata manis. Tapi rasanya saya sering ngajarin dia soal-soal sulit, nungguin dia pas pulang sekolah untuk pulang bareng, ngajak ke kantin bareng atau curhat tentang macem-macem. Apakah itu cukup untuk menjadikan saya sebagai sahabatnya? tapi satu hal yang sangat saya pegang teguh, saya gak pernah mengkhianati dia, semua rahasia dia saya pegang. Saya itu setia kawan,..

Yaah kehidupan masa remaja yang monoton lah. Tiba di akhir jenjang SMP, tepatnya kelas 3. Waktu itu saya dan dia beda kelas. Tapi, saya masih sering kumpul, sebelum bel masuk saya pasti ke kelasnya dulu, haha hihi, cerita ngalor ngidul, istirahat selalu ke kantin bareng, pulang juga bareng2. Gak heran, di kelas sendiri saya gak punya temen karena sebagian besar waktu saya, saya habiskan untuk main dengan N. Bodo ah kalau di kelas dianggap isos
Nah, awal semester biasanya ada pembelian buku paket dan LKS (lembar kerja siswa), karena waktu itu datangnya gak kompak ke koperasi, akhirnya belinya gak sekaligus, nyicil gitu. Pelajaran biologi dulu, mtk, fisika, agama baru selanjutnya dan selanjutnya.

Sifat pelupa saya sepertinya dimulai saat itu. Awalnya, saya beli LKS itu kan nyicil, saya lagi rajin-rajinnya belajar, tiap habis beli langsung saya isi, banyaaak banget. Jadi di kelas yang harusnya saya ngerjain LKS, saya leyeh-leyeh aja sambil ngobrol. Paling guru tinggal negur beberapa kali...Hehe..
Karena saya udah kelas tiga, saya seneeeng banget ada pengayaan sehabis pulang sekolah. Tau gak pembagian kelasnya itu berdasarkan tes lagi, jadi yang di 301 itu ibaratnya yang bodoh-bodoh, di 310 itu yang pinter-pinter. Waah saya punya kesempatan dong untuk satu kelas bareng si.****** (sebut aja si B)...haha,,saya nge-fans banget sama dia waktu masih SMP, sekarang sih buat lucu-lucuan aja kalo diinget. 
Saya berusaha banget untuk ngisi soal-soal pembagian kelas untuk pengayaan, belajar- belajar, belajar, biar bisa dapat di 309 atau 310. Saya yakin banget idola saya itu akan masuk di 309 kalo gak 310, habis dia pinter banget. Minimal saya mau buat kenangan manis di akhir kelas 3. Tiga tahun saya nge-fans sama si B, masa sampai akhir SMP saya gak bisa kenalan sama dia. Ckckck, tragis ya. Lebih tragis lagi, saya memang mati menghadapi soal-soal susssaaaah itu, pre-test tapi kok ya udah kayak uan aja, sumpah susah banget. Akhirnya saya hanya berada di level 305. Wuaah selamat tinggal B, sepertinya saya memang gak jodoh sama dia Bodoh banget yaa kalo diinget sekarang.

Saya sempat denial, ampuun deh, masa saya gak bisa sekelas sama B?terus gimana mau kenal, mau deket, mau buat kenangan manis..*gula kali

Nah, saat saya sedang denial, saya selalu dihibur oleh teman akrab saya itu, sebut saja N. N selalu membesarkan hati saya, dia memberikan saya cerita-cerita lucu, bilang kalau saya pintar, saya pasti bisa dapat nilai bagus saat uan nanti. Minimal, saat tes pengayaan yang kedua, saya bisa naik ke level kelas lebih tinggi, entah ke 309 atau 310. Haha, saya mikir,,benar juga yaa, saya masih punya kesempatan untuk tes pengayaan yang kedua, gak papa sekarang saya masuk di 305, toh di 305 akhirnya saya bisa satu kelas dengan N. Saya punya waktu ngobrol lebih lama di pengayaan dengan N terus kalau saya berusaha lagi lebih keras, saya pasti bisa masuk 309 dan bisa sekelas dengan B, Ckckc,,niatnya jelek banget. Tapi N hebat sekali, N itu memang teman saya yang paling baik, dia selalu bisa menghibur saya, mengembalikan mood saya jauh lebih baik. Padahal pada waktu itu ayah N belum lama meninggal, dia sendiri masih perlu dihibur untuk bisa kembali ceria seperti dulu. Tapi dia malah semangat menghibur sahabatnya ini, tidak memikirkan perasaannya sendiri.

Lalu suatu hari, saya resah, ketika saya mendapati LKS saya tidak lengkap, dari 12 mata pelajaran hanya ada 7, yang 5 kemana ya? saya panik, perasaan saya gak pernah tinggal di kelas atau dimanapun. Malah temen sebangku saya di kelas selalu menyimpan buku-buku paket di laci meja, gak pernah ilang, Kok giliran saya??nasib jelek banget deh
Saya cerita dengan N, dan N bilang supaya saya sabar, menyarankan untuk menabung dari sisa uang jajan saya untuk membeli LKS baru, karena saya tidak enak minta uang lagi ke orang tua untuk beli LKS.

Dari semua hal, tidak ada yang mencurigakan. Saya sudah tiba di fase acceptance dalam proses fisiologis kehilangan. Saya menjalani hari-hari saya seperti biasa, menyalahkan diri sendiri juga sih agar lebih hati-hati. Mungkin hari ini cuma LKS, khawatir lain hari barang yang hilang nilainya jauh lebih berharga. So, saya jadikan pelajaran saja. Tapi jujur kalau diingat sampai sekarang, peristiwa kehilangan LKS 5 matpel itu luar biasa nyeseknya. Karena saya benar-benar minta ke orang tua.

Beberapa bulan menjelang uan. Semua LKS dikumpulkan, lengkap, utuh dan no plagiat kecuali terpaksa. Keterpaksaan itu membuat saya meminjam LKS biologi yang isian praktikumnya banyaK Ke N. N awalnya menolak, tapi lama-lama dia nyerah juga

Saya buka LKS N, halaman pertama saya masih belum ada respon, kedua, ketiga,,,,
Sayaa kaget bukan main,,,saya menemukan beberapa lembar soal tersebut terisi oleh tulisan tangan saya..
Saya bolak-balik, covernya tersampul rapi, ada tulisan nama N di depannya.
Saya curiga sangat, saya bongkar sampul LKS tersebut, dan saya lihat dengan jelas, ada nama saya di cover LKS tersebut. Saya benar-benar gak nyangka...ternyata LKS saya selama ini tidak pernah hilang, melainkan diambil dengan sengaja oleh N, Selama ini dia sudah kuanggap teman. Esok harinya, ketika saya tanya, dia hanya diam, dan menangis.

Saya masih egois, saya gak pernah mau menanyakan apa alasan N melakukan itu,,sampai sekarang, hubungan kami tidak pernah berlanjut. Walau dalam hati ini saya benar-benar rindu dengan dia. Sampai kapanpun sebenarnya dia adalah teman.

^_^
cheers. Eka

No comments:

Post a Comment